Konsultasi

Tanya jawab, konsultasi psikologi online, gratis, untuk masalah remaja, pengasuhan anak, karir, dan lain-lain. Diasuh oleh Psikiater, Psikolog dan Konselor RSKD Provinsi Maluku.

===

Pertanyaan:

Anon (Sirimau, Ambon)

Assalamuallaikum wr.wb selamat siang dokter dan staf medis di RSKD Provinsi Maluku, saya mau bertanya permasalahan yang dihadapi anak saya. Kebetulan anak saya sekarang berusia 8 tahun dan baru masuk SD namun saya perhatikan anak saya agak kesulitan untuk menulis dengan baik, tulisannya kurang rapih cenderung berantakan dan keluar dari garis batas buku. Kalau disuruh guru untuk mewarnai kadang mewarnainya asal-asalan. Karena saya lihat di RSKD ada pelayanan Klinik Tumbuh Kembang Anak, apakah anak saya perlu untuk mendapatkan penanganan medis? Terima kasih.

Jawaban:

Terimakasih atas pertanyaan yang telah diajukan, kondisi yang dialami oleh anak Ibu merupakan salah satu gejala Disgrafia. Ada kemungkinan anak juga mengalami keterlambatan perkemabangan fungsi fine motor skills yang berkaitan dengan kekuatan, stabiliitas dan perencanaan gerak otot pada jari – jari tangan yang memungkinkan anak untuk menulis dengan baik dan proporsional. Ada kemungkinan anak juga mengalami gangguan pada fungsi hand – eye coordination yaitu kemampuan atensi visual yang bersinergi dengan koordinasi tangan sehingga menghasilkan fokus yang kurang baik untuk kegiatan menulis. Ada baiknya ibu perhatikan postur anak saat menulis, apabila postur anak membungkuk itu juga akan mempengaruhi tulisan anak. Ada kemungkinan anak juga mengalami gangguan pada fungsi Visual Spatial yang berkaitan dengan spasi dan huruf, menulis dalam garis. Perlu pemeriksaan lebih lanjut oleh Okupasi Terapis dan TIM, serangkaian assessment dan pemberian terapi hand writing skills secara repetitif akan membantu mengembangkan potensi anak dalam menulis

Pertanyaan:

Betsy (Kudamati, Ambon)

Selamat siang, saya punya beberapa pertanyaan terkait dengan permasalahan yang dihadapi anak saya. Jadi begini, anak saya berusia 4 tahun sangat aktif bergerak dan tidak pernah merasa lelah. Saya sangat kewalahan dan was-was karena anak saya sering luput dari pengawasan saya kalau berada di luar lingkungan rumah. Kemudian kalau saya arahkan untuk bermain puzzle dll sangat cepat teralihkan fokusnya ke mainan lain. Saya mohon diberi masukan karena saya lihat di RSKD ada pelayanan Konsultasi Tumbuh Kembang.

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaan yang telah diajukan, kondisi yang dialami anak ibu merupakan salah satu dari gejala Attention Deficit Hiperactive Disorder (ADHD). Kondisi ini ditandai dengan adanya hiperaktifitas, dan inatentif biasanya anak cenderung bergerak aktif dan sulit untuk duduk tenang, berlari memanjat di situasi yang tidak sesuai kemudian anak juga mudah terdistraksi, pelupa, tidak mengikuti petunjuk, dan menghindari aktifitas yang membutuhkan perhatian yang panjang seperti main puzzle. Ada kemungkinan anak juga mengalami gangguan Sensory Processing Disorder dan Modulasi Sensori yang mengalami gangguan. Konsultasikan perkembangan anak ibu ke Klinik Tumbuh Kembang Anak di RSKD Provinsi Maluku dimana anak ibu bisa diasesmen oleh dokter spesialis jiwa anak, psikolog anak dan terapis okupasi. Serangkaian asesmen dan tindakan terapi Sensori Integrasi, Play Therapy, Behavior Therapy dan tindakan pengobatan dapat membantu perkembangan anak ke arah yang lebih baik. Terima kasih, salam dari kami.

Pertanyaan:

Rikha (Galala, Ambon)

Mau nanya, anak saya umur 3 tahun namun saya lihat anak saya sangat acuh dengan lingkungan, sering barmain sendiri, komunikasi dua arah sangat terbatas, perkembangan bicaranya juga tidak seperti anak pada seusianya. Kira-kira apakah anak saya perlu diperiksa ke RSKD Provinsi Maluku? Terima kasih.

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaan yang telah diajukan, kondisi yang dialami oleh anak ibu ada kemungkinan adalah salah satu gejala Autisme Spectrum Disorder (ASD), walaupun harus dipastikan dulu oleh dokter Spesialis Jiwa Anak dan Psikolog Anak yang tersedia di RSKD Provinsi Maluku. Anak biasanya mengalami gangguan Sensory Processing Disorder dan gangguan emosi perilaku yang akan semakin memburuk jika tidak segera ditangani. Kondisi ini perlu penanganan dari Okupasi Terapis dan TIM Klinik Tumbuh Kembang RSKD Provinsi Maluku. Observasi, asesmen, tindakan terapi Sensori Integrasi, Behavior Therapy serta pengobatan yang repetitif dan teratur biasanya akan meningkatkan kemampuan anak dalam kehidupan sehari-hari. Terima kasih, salam.

Pertanyaan:

Eca (Halong, Ambon)

Selamat sore dokter dan staf medis di RSKD Provinsi Maluku. Saya mau mengajukan pertanyaan terkait Pelayanan Rehabilitasi Psikososial di RKSD. Tindakan apa yang biasanya diperoleh ODGJ di RSKD dan apa tujuannya? Terima kasih atas masukannya.

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan, pelayanan terhadap ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) di Instalasi Rehabilitasi Psikososial RSKD Provinsi Maluku terdiri dari beberapa jenis kegiatan diantaranya: Terapi Spiritual yaitu kegiatan keagamaan yang dilakukan setiap hari Senin sehingga pasien dapat beribadah sesuai dengan keyakinan masing-masing. Kemudian ada kegiatan Vocational Training dimana pasien diberi kesempatan untuk menciptakan dan memperoleh keterampilan seperti menjahit, menyulam, membuat kerajinan seperti; gelang & sabun sehingga setelah mendapatkan keterampilan tersebut pasien dapat kembali berkarya di masyarakat dengan keterampilan yang diperoleh selama kegiatan vokasional. Juga ada kegiatan Terapi Musik sebagai bentuk kegiatan Leisure Time dimana pasien dapat bernyanyi, karoke atau bermain alat musik melalui pendampingan oleh petugas rehabilitasi psikososial. Kolaborasi antar disiplin ilmu dari Psikiater, Okupasi Terapis, Psikolog, Perawat dan lain-lain tergabung dalam TIM Rehabilitasi Psikososial RSKD Provinsi Maluku membantu pasien untuk meningkatkan kualitas hidup dan kondisi psikis yang terganggu. Terima kasih, salam kami.

Pertanyaan:

Ratna (Tawiri, Ambon)

Selamat pagi dok, saya seorang ibu rumah tangga. Saya memiliki seorang anak laki yang duduk kelas IV SD.Saya ingin tanyakan, bagaimana caranya orang tua mengetahui bakat ataupun minat dari anak kita?

Jawaban:

Selamat siang ibu. Setiap anak memiliki potensi serta perkembangannya yang berbeda-beda, karena satu anak tidak dapat disamakan dengan anak lainnya. Cara mengenali bakat atau minat anak dapat melalui observasi maupun alat tes psikologi. Jika dilakukan dengan observasi, ibu dapat mengamati kemampuan anak setiap harinya, seperti kemampuannya dalam bermain musik atau menggambar serta kemampuan khusus lainnya. Sedangkan, penilaian melalui alat tes psikologi, ibu dapat berkonsultasi lebih mendalam dengan datang langsung ke Rumah Sakit Khusus Daerah Provinsi Maluku pada unit psikometri. Di RSKD tidak hanya melayani konsultasi tetapi juga dapat melakukan psikotes, seperti Tes IQ dan juga Tes Bakat dan Minat. Untuk artikel tentang Tes Bakat dan Minat (klik disini), sedang untuk biayanya dapat dilihat pada link (klik disini). Sekian dari saya kiranya informasi ini dapat bermanfaat. Terima Kasih.

Pertanyaan:

Barry N. (Karang Panjang, Ambon)

Selamat pagi dok, saya seorang mahasiswa yang ingin melanjutkan studi. Dalam persyaratannya harus melengkapi surat keterangan rohani atau mental. Untuk itu saya ingin tanyakan bagaimana cara untuk mengurusnya? Terima kasih.

Jawaban:

Selamat pagi, bapak/saudara. Surat keterangan mental/rohani bisa di dapatkan melalui proses tes MMPI. Saya akan menjelaskan sedikit soal MMPI. MMPI adalah suatu kumpulan pertanyaan yang digunakan untuk menilai kepribadian seseorang dan juga untuk mengetahui apakah terdapat masalah psikologis pada seseorang. Kumpulan pertanyaan ini terdiri dari beberapa ratus pertanyaan sehingga sebaiknya anda beristirahat dengan baik sebelum hari pemeriksaan dan jangan lupa untuk makan sebelumnya sehingga pikiran dan mood Anda ada dalam kondisi prima. Untuk bagaimana mengurusnya, saudara dapat datang ke Rumah Sakit Khusus Daerah Provinsi Maluku. Di sana terdapat Unit Psikometri yang dapat melayani pemeriksaan tes kesehatan mental/rohani. Di buka setiap hari kerja, dari jam 8 pagi hingga jam 12 siang. Untuk artikel tentang MMPI (klik disini), sedang untuk biayanya dapat dilihat pada link (klik disini). Demikian informasi yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Pertanyaan:

Pria, 22 Tahun

Maaf mau tanya sy bermasalah pada kehidupan di masyarakat dengan masalah takut pada kerumunan dan ketemu orang baru, gmn solusinya ya

Jawaban:

Takut akan kerumunan dan ketemu orang baru perlu diperiksa lebih jauh, apakah takut karena merasa ada orang lain yg berniat tdk baik padahal sebenarnya tdk demikian (ini disebut waham/delusi), bisa juga adanya rasa cemas berlebihan menjadi pusat perhatian (ini disebut fobia sosial). Akan lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu ke psikiater terdekat agat dapat segera diketahui permasalahannya dan diberikan pertolongan.

Pertanyaan:

Wanita, 36 Tahun

Suami saya mengidap bipolar. Sudah bertahun-tahun mengidap dan berobat dengan psikiater, namun keadaannya tidak membaik. Oleh dokter di beri obat : Ativan 2mg, Prestine 20 mg, Depakote. Beberapa bulan ini sedang menghadapi masalah yang dianggap dia serius dan membuat dia makin drop. -Kelakuan dan jalan pikirannya mulai aneh2. Dari keinginan mati -Menyakiti diri sendiri dengan memukul2 kan dada sampai memar2, menjedot2kan kepala ketembok. -Tidur sering ngigau dan mimpi aneh2 -lebih sering tidur -tidak bisa fokus bekerja -menyerang saya apabila saya melakukan hal yang dia tidak suka baik secara fisik maupun perkataan -melakukan hal bodoh entah disengaja atau tidak dengan menabrakan mobil saya ke beberapa pihak dalam waktu 2 hari dan menyebabkan mobil saya harus ke bengkel karena penyok2 -berkata dan berhayal entah serius atau tidak perkataan ini ingin membunuh orang yang menyebabkan keadaan dia seperti ini -minum2 (beer) sebagai jalan keluar masalah -marah, tersinggung tanpa alasan wajar -sering bengong dan murung – obat diminum melebihi dosis 1 hari minum obat utk aturan 6 hari Saya sebagai caregiver sudah kehabisan cara menghadapi dia. Ekonomi kami pun sedang tidak membaik karena dia ga fokus kerja dan dia melarang saya bekerja seperti sebelum saya menikah, kalau saya tidak menurut dia ngamuk saya bingung mau bawa dia kemana lagi, dengan keadaan ekonomi yang sedang tidak membaik. Kalau saya biarkan dia begini apakah akan makon parah kondisinya sedangkan kami harus menunggu bulan depan untuk konsultasi karena memakai bpjs kesehatan, obat dia hanya sisa untuk 8 hari kedepan. Apa yang harus saya lakukan? Terimakasih

Jawaban:

Gangguan jiwa bisa menyebabkan munculnya perilaku yg berbahaya utk dirinya sendiri dan juga buat orang lain, ini disebabkan oleh gejala penyakitnya yg menyebabkan munculnya perilaku tsb. Perilaku berbahaya adalah indikasi untuk dilakukan perawatan. Segera datang ke IGD untuk dapat mendapatkan bantuan karena ini adalah kasus emergensi psikiatri. Di dalam perawatan akan diberikan terapi utk pemulihan gejala gangguan jiwa nya.

Pertanyaan:

Wanita, 22 Tahun

Selamat malam, saya ingin konsultasi perihal gangguan jiwa. Kakak laki-laki saya, 25 tahun, memiliki gangguan jiwa berupa mood yang tidak stabil. Sampai saat ini kakak saya tidak pernah dibawa ke dokter atau ditangani secara profesional (karena tidak mau, akan berontak jika dipaksa), hanya ibu saya yang mendatangi psikiater untuk minta obat untuk menstabilkan mood kakak saya. Pertanyaannya, apa bisa menjalankan pengobatan tanpa melibatkan pasien yang bermasalah? Apa yang harus saya lakukan agar kakak saya mendapatkan penanganan yang optimal? Terima kasih.

Jawaban:

Pemeriksaan psikiatri perlu dilakukan terlebih dahulu untuk memastikan diagnosisnya, wawancara klinis dengan pasien dan keluarga, pemeriksaan fisik, pemeriksaan status mental dan pemeriksaan penunjang seperti laboratorium dan radiologi. Setelah ditegakkan diagnosisnya baru akan diberikan terapi yg sesuai seperti psikofarmaka, psikoterapi dan rehabilitasi psikososial. Beberapa pasien tidak bersedia dibawa sukarela utk konsultasi disebabkan karena gejala penyakit nya dan tilikan/insight (pemahaman tentang kondisi penyakitnya) yg masih buruk. Untuk hal tsb perlu dilakukan usaha yg lebih keras dengan melibatkan petugas kesehatan setempat utk melakukan home visite, aparat desa dan tim dari RS jiwa terdekat yg biasanya memiliki tim intervensi krisis. Apabila setelah pemeriksaan diperlukan perawatan maka perawatan dapat segera dimulai utk proses pemulihannya.